Desa Sraturejo Gelar Wisata Alam Sambil Berburu Tikus

Bojonegoro,esorot.com- Ratusan petani dan masyarakat di Desa Sraturejo,kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro, Memburu tikus secara massal juga unik di area persawahan setempat. Dalam perburuan itu mereka membawa peralatan sederhana.

Hal tersebut merupakan inisiasi pemerintah desa setempat bersama Gabungan Kelompok Tani Sumber Harapan (Gapoktan). Ide menukar tikus dengan uwang merupakan upaya pemerintah desa untuk mengurangi hama tikus yang sangat merugikan petani.

“Kegiatan ini diikuti kurang lebih dari 300 orang dan digelar sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB,” kata Sunoko Ketuwa Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Harapan, Desa Sraturejo Kecamatan Baureno, Bajonegoro, Minggu, 26 November 2017.

Hadiah perekor di hargai Rp.1000

Menurut Kepala Desa Sraturejo Supriyadi,” Perburuan tikus secara massal itu sengaja digelar sebelum masa tanam padi. Saat musim tanam sebelumnya, tanaman padi petani setempat banyak yang puso akibat serangan tikus, sehingga produksinya menurun,perburuan tikus secara massal bertujuan untuk menekan populasi tikus agar pada waktu musim tanam nanti jumlahnya tidak begitu banyak lagi.

“Oleh karena itu, kami menggelar perburuan secara massal ini. Guna memotivasi semangat peserta, kami memberikan hadiah per satu ekor tikus Rp.1000 bagi peserta ,” tutur Tambahya. (im)