Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

esorot.com -Dimusim hujan seperti ini, sinar matahari yang biasanya bisa membunuh kuman kini terhadang awan gelap. Banjir atau air yang tergenang pun dapat menimbulkan banyak penyakit. Karena itu, Anda harus tetap fit dan menjaga daya tahan tubuh Anda. Bagaimana caranya? Ini dia tips nya

“Banyak minum air putih.

Air putih adalah zat detoksifikiasi alami yang murah meriah dan mudah didapat. Air putih juga membuat kulit tampak segar dan tubuh tidak mengalami dehidrasi.”

“Cukup istirahat

6-8 jam adalah waktu ideal yang bisa Anda berikan untuk tidur setiap harinya.”

“Hindari virus masuk ke tubuh Anda

Pastikan Anda senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Cuci tangan Anda setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Siapkan cairan pembersih antikuman setiap saat, terutama saat keluar rumah.”

“Jangan pipis makan sembarangan

Hindari tempat penjualan makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Perbanyak serat dan makan makanan yang mengandung vitamin. Kalau perlu, tambah dengan multivitamin.”

“Pastikan Anda cukup hangat

Kenakan jaket atau pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Kalau Anda harus menerjang hujan, gunakan payung atau jas hujan. Jika Anda suka, boleh juga membalurkan minyak kayu putih di tubuh. Untuk menghangatkan tubuh dari dalam, semangkuk sup hangat atau segelas jahe boleh juga dicoba.”

“Jemur pakaian sampai kering

Carilah cara agar cucian Anda bisa kering sepenuhnya. Pakaian yang lembab berarti masih menyimpan air dan bisa jadi sarang bakteri.”

“Tetap berolahraga

Anda bisa mencoba aneka olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan”

Sumber: kotasehat.blogspot.com

Jangan biarkan cuaca mengalahkan niatan untuk menjadi lebih sehat. Sedikit perubahan aktivitas dapat membuat Anda tetap bugar dimusim penghujan ini.

Baca juga  Satu Orang di Bojonegoro Dinyatakan Sembuh Dari Covid -19

kini saatnya Anda berolahraga di rumah atau mengunjungi pusat kebugaran. Berikut ini olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan:

“Treadmill

Melakukan jalan cepat di atas treadmill akan membakar 300 kalori dalam satu jam. Sedangkan jika Anda berlari di atas treadmill dengan kecepatan 7,5 mil per jam maka Anda bisa membakar 900 kalori per jam.”

“Sepeda Stationer

Mengayuh sepeda stasioner dengan kecepatan 10 mil per jam akan membakar 450 kalori dalam satu jamnya. Tambahkan kecepatan Anda untuk membakar lebih banyak kalori.”

“Tangga

Berolahraga dengan naik-turun tangga dapat mengencangkan dan membakar lemak di sekitar paha dan bokong. Melakukan olahraga ini selama satu jam akan membakar 700 kalori.”