Tunjuk Pihak Ketiga, Kepala Desa Duwel Diduga Mark Up Anggaran dan Langgar Aturan Dana Desa

Tunjuk Pihak Ketiga, Kepala Desa Duwel Diduga Mark Up Anggaran dan Langgar Aturan Dana Desa

Bojonegoro,esorot.com- Anggran Dana Desa (DD) untuk percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, yang semestinya menjadi program padat karya dan tidak boleh dikerjakan oleh rekanan atau pihak ketiga.

Tapi berbeda dengan Desa Duwel Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro,menurut pantauan awak media program dana desa anggaran tahun 2017 untuk pengerjaan TPT jalan poros desa bertepat di dusun Mangunan, diduga Pemdes menunjuk pihak ketiga (rekanan).

Karena program Dana Desa adalah program padat karya berbentuk swakelola dan harus mengutamakan masyarakat setempat supaya masyarakat dapat sejahtera melalui Program padat karya tersebut.

Anggaran proyek TPT jalan poros desa yang bersumber dari dana Desa tahun 2017 sekitar Rp. 392.953.900,00 pemerintah desa Duwel Kecamatan Kedungadem diduga melakukan Mark Up anggaran, bahkan papan informasi anggaran pun belum terpasang sampai saat ini. Tak hanya itu, pengerjaan proyek TPT tersebut belum 100 persen.

Efisiensinya proyek TPT dengan Volume Panjang 40 Meter tinggi 5 meter yang seharusnya sesuai RAB menggunakan besi berdiameter 16’mm, namun fakta dilapangan besi yang digunakan berdiameter 12’mm.

Ironisnya pekerja proyek yang seharusnya dari masyarakat setempat, tapi dalam konteksnya pekerja proyek TPT di desa Duwel diambil dari luar desa, ini menunjukan lemahnya pengawasan dari pihak Kecamatan Kedungadem

Menurut penuturan warga Desa yang tak mau disebut namanya “Pembangunan TPT ini tahun 2017 mas, dan waktu itu tidak menggunakan tenaga kerja masyarakat namun malah orang luar yang bekerja”Tuturnya

Kepala Desa Duwel saat dimintai keterangan melalui via Telepon terkait proyek yang bersumber dari Dana Desa ini tidak menjawab dan langsung mematikan sambungan telepon dari kami.(uus)

Baca  Kepala Desa Wotan Kecamatan Sumberrejo Melantik 3 Perangkat Baru

COMMENTS

Pasang-Iklan | Pedoman Media Cyber | Redaksi | Tentang