Dinsos Bojonegoro Akan verivikasi Ulang Penerima Jamkesda

Bojonegoro,esorot.com – Jumlah penerima Jamkesda di Bojonegoro yang berjumlah 163.190 jiwa akan diverivikasi ulang, dan beralih (Intregasi) ke BPJS.

Kadinsos Bojonegoro Helmy Elisabet menjelaskan pihaknya akan mrngembalikan kartu jamkesda ke desa.

“Data Jamkesda akan kita kembalikan ke desa, agar bisa diverivikasi ulang dan segera mungkin bisa intregasi ke BPJS,” terangnya.

Menurut Kadinsos Bojonegoro, pengalaman tahun lalu saat akan diverivikasi ternyata data penerima Jamkesda Doble-doble di desa.

Jadi sebelum terjadi intregasi, Dinsos Bojonegoro akan melakukan verivikasi ulang dengan cara, data pemegang Kartu Jamkesda dikembalikan lagi di Desa dan didata ulang.

“Waktu akan di intregasi ke BPJS ternyata masih datanya di Desa-desa itu masih Doble-doble, jadi ini perlu diverivikasi lagi,” ujar Kadinsos Bojonegoro.

Soal pembayaran premi kartu Jamkesda Dinsos telah membayar sejumlah 741 jiwa tahun ini yang sudah terbayarkan preminya.

“Coba tanyakan Dinkes yang tahu itu,” ujarnya.

Ketika di singung terkait Data global terkait PBIN JKN-KIS se Bojonegoro, Kadinsos Bojonegoro mengatakan, Data dari Kemensos belum bisa dipakai acuan secara pasti, karena datanya berjalan dan tiap bulan tiap tahun selalu berubah-ubah.

“Kalau menurut SK Kemensos No 44 kita ada sekitar 602.218 jiwa yang
Bisa di cek Ski and g itu, tapi data itu bisa berubah-ubah dan belum bisa di jadikan kuota,” ujarnya.

Kadinsos juga menambahkan, pihaknya mendapat data kuota data PBIN JKN-KIS itu dari Pusat langsung, mendapat data baru dari BDT dan Non BDT, Dinsos Bojonegoro tingal memverivikasi dan ngecek ulang mana yang belum dapat dan mana yang sudah mati.

“Data JKN-KIS itu kita dapat dari Pusat kita tingal cocokan data dibawah, kita tingal mengecek masih ada apa tidak, meningal apa tidak,sudah dapat apa belum,” ujarnya.(imam)