Desa Kedewan Bojonegoro Rintis Seni Budaya Karawitan

Desa Kedewan Bojonegoro Rintis Seni Budaya Karawitan

Bojonegoro-Seni budaya karawitan adalah seni budaya asli jawa yang sudah mulai punah pada era jaman digital seperti ini,maka dari itu Kepala Desa Kedewan Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur menggagas untuk memajukan seni budaya yang sudah mulai tergerus jaman.

Sumiati selaku kades Kedewan saat ditemui di kediamannya mengatakan,saya bersama ibu- ibu merintis kembali seni budaya yang dulu sudah pernah ada di Desa Kedewan pada era tahun 1900 an.

“Menguri uri seni budaya agar budaya yang asli peninggalan adat Jawa ini lebih eksik kembali” ungkapnya.

Sumiati menambahkan sengaja yang kita ajak ibu- ibu karena paguyuban ini supaya bisa kompak dan jangka panjangnya paguyuban ini bisa mengisi acara kemana- mana,khususnya untuk mengisi acara Desa kita sendiri.

Paguyuban ini baru terbentuk pada bulan ini, alhamdulilah semua ibu-ibu yang tergabung sudah mulai menguasai alat Gamelan,untuk tutornya sendiri kita dari wilayah setempat”katanya.

Disinggung untuk nama Paguyuban, Sumiati selaku Kades Kedewan ini masih mau berembuk sesama anggota,yang jelas nanti didalam nama itu ada kata larasnya”singkatnya.(mamak/red)

Baca  Kades Babad, Kedungadem Fokus Pembangunan Infrastruktur dan Kembangkan Bumdes Pada Tahun 2020

COMMENTS

Pasang-Iklan | Pedoman Media Cyber | Redaksi | Tentang