LSP TTI dengan UMKT MOU di Bidang Sertifikasi SDM Ketenagakerjaan

BLORA-Bertempat di Room Aula lantai 2 hotel cepu indah1 LSP.TTI dengan UMKT (Universitas Muhammadyah Kalimantan Timur) laksanakan MOU Bidang sertifikasi SDM. Dalam menjamin kwalitas SDM tenaga kerja yang mampu bersaing ditingkat nasional maupun internasional pada (3/19).

R.Herjuna ,ST selaku Ketua TUK PETROSITE INDONESIA, R. menyatakan bahwa LSP TTI menyediakan 78 skema/item sertifikasi. Dan terselenggara dari BNSP yang merupakan satu satunya Badan yang berwenang mengesahkan sertifikat kompetensi melalui uji sertifikasi sesuai dengan penenuhan sesuai standart kompetensi kerja nasional Indonesia, yang sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003.

Adapun menurut Ketua LSP TTI Tb. Trisna Rustama, WE.MM. Kerja sama antara LSP TTI dengan UMKT , ini adalah saling mendukung dalam upaya meningkatkan SDM dalam mempersiapkan para sarjana lulusan UMKT siap kerja yang optimal sekaligus memiliki tambahan bekal sertifikasi berskala Nasional.

Nantinya setelah perjalanan kerja sama ini, pelengkap yakni sertifikat tidak harus mencari di jawa lagi, namun di UMKT sudah ada. Dengan para tenaga ahli dari LST TTI.

“tenaga ahli yang akan dikirim untuk UMKT ada 7 orang. Dan semoga berjalan lancar sesuai harapan kita (BNSP Maupun UMKT).”Pungkas Ketua LSP TTI (Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Tehnik Indonesia).

Selanjutnya, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). M. Ghozali, M.H. M.Kes. Mengungkapkan rasa bersyukur, atas bisa kerja sama dengan LSP TTI, dan dukungan penuh dari Petrosite Indonesia serta Petrocamp migas cepu “Bagaikan gayung bersambut. Dengan kerja sama ini, maka UMKT,juga akan menambahkan program study yang baru, dari fakultas yang ada. Termasuk fasilitas untuk program yang tadi sesuai 7 tenaga ahli yang akan dikirim untuk melaksanakan vissi & missi kerja sama yang telah disepakati .

“Awalnya, program study di UMKT didominasi bidang kesehatan/medis, maka adanya kerja sama yang multi efek yakni untuk penambahan bekal siap bersaing di dunia kerja, maka semakin mantap sekaligus UMKT tak perlu lagi mencari, sertifikat di Jawa. Tetapi sudah bisa membuka sendiri, berkat kerjasama dengan LSP TTI. Seperti apa yang disampaikan oleh LSP-T T I, bahwa kerja sama bersifat secara berkesinambungan, bukan,system berkala. Sebenarnya Bapak Prof. Bambang Setiyadi akan memimpin tim UMKT untuk menghadiri acara ini, namun ada sedikit kerepotan, maka kami diperkenakan untuk mewakili dalam acara,MoU ini. Dan baru kali ini tahu kota Cepu, Blora – jawa Tengah”, ulas Mr. Ghozali.

Menurut Bagian Administrasi LSP – T T I, Agus Setyawan, menjelaskan,” dalam acara hari ini adalah penandatanganan M.O.U kerjasama dengan tujuan agar lulusan MUKT bisa bersaing di dunia kerja, karena Sertifikasi Profesi dengan LSP- TTI berbasis kompetensi, jadi mendapatkan sertifikat dari BNSP lewat tangan LSP TTI denga Petrosite Indonesia dan Petrocamp Migas Cepu, harus melewati tahapan tahapan dan uji hingga nantinya trbntuklah indifidu Yang BERKOMPETEN, Dapat bersaing, dan siap kerja. Kita memiliki 70 skema lebih..

Di antaranya bidang K3 muda dan migas, Oprator alat berat, oprator alat angkat dan angkut,dll.ucap trimakasi atas semua dukungan dan smoga ini adalah salah satu langkah menuju Indonesia Kompeten.(Teguh/red)