Desa Pejambon,Sumberrejo Didaulat Menjadi Tuan Rumah Hari Keterbukaan Informasi Nasional (KIN) Tahun 2019

Bojonegoro-Komisi Informasi Pusat bersama Dinas Kominfo Seluruh Provinsi Indonesia melakukan kunjungan ke Desa Pejambon kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro pada Kamis (20/06).

Kunjungan ini merupakan serangkaian acara dalam rangka hari Keterbukaan Informasi Nasional (KIN) yang mana tahun ini Bojonegoro didaulat sebagai tuan rumah.

Adapun alasan Bojonegoro menjadi tuan rumah adalah karena Desa Pejambon sendiri memperoleh juara 1 tingkat nasional lomba desa dalam hal keterbukaan informasi.

Acara diskusi memaparkan secara detail bagaimana proses dan implementasi Desa Pejambon hingga terpilih menjadi desa terbaik se Nasional dalam hal keterbukaan informasi publik.

Dalam forum dijelaskan bahwa pemerintah Desa Pejambon melakukan beberapa program strategis. Diantaranya adalah menyampaikan keterbukaan informasi (keuangan, administrasi dan pelayanan), mengunggah detail informasi tersebut di website, menguatkan inovasi sistem informasi, berkomitmen mengontrol seluruh kegiatan serta kelengkapan informasi serta terakhir dengan mengadakan diskusi antara pemerintah desa dan warga.

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana mengatakan bahwa lomba desa ini sejatinya bukan hanya sebagai ajang kompetisi tapi memiliki visi yang utama yaitu untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Adanya keterbukaan informasi ini merupakan wujud transpransi dan totalitas penyelenggaraan pemerintah desa yang transparan.”, ujarnya kepada tamu yang hadir.(red)