Sriyadi Purnomo Kembali Terpilih Ketua Dekopinda Bojonegoro Periode 2020- 2025

Bojonegoro- Dewan Koperasi Indonesia Daerah Bojonegoro (Dekopinda) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) kemarin di Aula PKP- RI Jalan Basuki Rahmad. Agenda Musda diantaranya penyampaian LPJ Pimpinan Dekopinda 2015-2020, pemilihan Ketua dan pimpinan Dekopinda 2020-2025. Dan penyusunan renstra 2020-2025 dan program kerja 2021.

Ketua Dekopinda Bojonegoro Sriyadi Purnomo menjelaskan Musda ini merupakan amanat, jadi wajib dilaksanakan Dekopinda meskipun di tengah kondisi pandemi belum berakhir, tentu dengan memperhatikan protokol penanganan Covid 19.

“Salah satunya, dengan acara yang mengundang anggota secara terbatas (hanya perwakilan gerakan koperasi),” ujarnya.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur pada kuartal pertengahan 2020 mencapai 5,89%, relatif sangat baik meski di tengah kondisi pandemi. pencapaian angka terswbut salah satunya ditunjang oleh peranan koperasi dan UMKM, termasuk peranan dari Kabupatwn Bojonegoro. Yang beberapa kali pernah dinobatkan sbagai kabupaten penggerak koperasi baik di tingkat propinsi maupun nasional.

“Dekopinda Bojonegoro selama ini berupaya konsisten agar mampu berkiprah di tengah keterbatasan yang dimiliki untuk menjadi mitra pemerintah dalam hal menjalankan Tupoksinya sesuai yg diatur dalam UU No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Dalam menyusun Rencana strategis dan Program Kerja tahun 2021, Dekopinda telah memperhatikan kesesuaiannya dg RPJMD Kabupatwn Bojonegoro Tahun 2018-2023 sehingga agenda-agenda tertuang dalam program kerja bisa sinergis dan seiring sejalan dengan semangat Pemerintah Kabupaten,” bebernya.

Baca juga  1st Anniversari Media Online Esorot.com
Baca juga  Irwasum Mabes Polri Berikan Pengarahan PJU Polda Jatim dan Polres /ta Jajaran

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menjelaskan Bojonegoro sudah memiliki regulasi yang sangat potensial dalam hal pengembangan koperasi dan UMKM, yaitu dengan adanya peraturan daerah (perda) No. 2 tahun 2020 tentang pengembangan dan perlindungan koperasi dan usaha mikro.

“Diharapkan semua pihak dapat konsisten sehingga mampu menjadikan payung hukum tersebut untuk menjawab tantangan diantaranya, kemudahan perijinan, terbukanya iklim investasi bagi koperasi, smakin berkembangnya usaha koperasi, fasilitasi kemitraan, fasilitasi pemenuhan sistem digitalisasi koperasi sesuai perkembangan jaman, dan lain lain. Harapan agar Dekopinda kedepan memperbaiki manajemen sehingga dapat melayani anggota secara maksimal. Agar gerakan koperasi ikut berpartisipasi bersma pemerintah dalam melakukan pembangunan di Bojonegoro,” harap Bupati.

Pimpinan DPRD Bojonegoro Sukur Priyanto menyampaikan tterimakasih atas pengabdian pimpinan Dekopinda yang selama ini berkontribusi dalam pengembangan ekonomi kerakyatan. Kalau DPRD menampung aspirasi rakyat, maka Dekopinda (dewan koperasi Indonesia) menampung aspirasi koperasi-koperasi,” ujarnya.

Dalam musda itu Sriyadi Purnomo kembali terpilih menjadi Ketua Dekopinda Bojonegoro 2020-2025.(Red).