Bersama LSM Gemuruh & DIANKRESNA Foundation, Pemdes Tambakromo Malo Menanam 2000 Bunga Bougenvile

Bojonegoro- Semangat menanam kembali untuk menjaga lingkungan hidup dan kelestarian alam bumi pertiwi di lakukan Pemdes Tambakromo Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, yang berkolaborasi dengan sebuah Lembaga LSM Gemuruh dan DIANKRESNA Foundation giat menanam pohon bunga Bougenvile sebanyak (2000) dua ribu pohon, pada hari ini, Rabu, 17/02/2021, yang terpusat di jalan poros Kecamatan Malo.

Acara tersebut di hadiri Kades Tambakromo beserta kelembagaan di dalamnya, Camat Malo beserta Danramil dan Kapolsek, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, dan segenap lapisan masyarakat yang sangat antusias dalam mengikuti prosesi giat penanaman pohon bunga Bougenvile, serta tetap taat patuh pada protokol kesehatan (Prokes) dalam masa Covid -19 yang selalu menerapkan 5M, di antaranya : Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan serta Menjaga Iman dan Imun.

Kiswanto, SH Selaku Kepala Desa Tambakromo menyampaikan, mengapa saya harus memilih penanaman pohon bunga Bougenvile ini, di karenakan itu sesuai dengan acuan program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, secara tidak langsung kami turut serta mendorong program Pemkab, yang mana akan menjadikan pohon bunga bougenvile tersebut sebagai ikon kota ledre ini.

Disamping selain penanaman dan perawatanya yang mudah, pohon bunga Bougenvile ini juga memberikan sebuah nuansa ke indahan, ke sejukan serta ke damaian tersendiri, bagi sebuah desa dan warga masyarakat yang melintasnya” Ungkapnya.

Kades tergolong muda yang energik dan inovatif ini pun juga, sangat mengapresiasi pada seluruh fihak-fihak yang telah ikut serta mensukseskan dalam gerakan menanam pohon bunga Baugenvile ini.

Sementara itu Camat Malo, Djamari, S.Sos MM, sangat bangga atas apa yang telah di lakukan pemdes Tambakromo dengan melaksanakan penanaman pohon Bougenvile, yang mana di dalamnya juga telah di support penuh oleh sebuah Lembaga LSM Gemuruh dan DIANKRESNA Foundation.

“Saya ingin Kecamatan Malo ini, ke depannya dapat menjadi pusat pohon bunga Bougenvilenya, guna menambah ikon wisata desa khususnya kecamatan pada umumnya yang ada di kabupaten Bojonegoro” ucap Camat.

Baca juga  Membludak, 500 Peserta Ikuti Senam Outbound dan Makan Nasi Buwohan di Desa Sumuragung,Sumberrejo

Ketua LSM Gemuruh, Suryanto dalam penyampaiannya mengatakan, hari ini adalah awal kita kembali lagi membangkitkan semangat menanam yang mana saat ini sudah mulai luntur, Alam bumi pertiwi ini butuh irama senandung, alampun juga butuh diperhatikan, jadi tentu bukan hanya untuk di manfaatkan saja, Tuturnya.

Senada dengan LSM Gemuruh, DIANKRESNA Foundation melalui sekretarisnya Nur Fitria juga mengatakan, alam bumi pertiwi ini semakin lelah, jika kita sendiri yang tidak merawatnya, lalu siapa lagi gumamnya,

Diantara salah satu cara merawatnya, ya…!! dengan menanam kembali seperti ini. Jika saja semua desa memiliki antusias gerakan yang sama, dalam penanaman kembali pohon bunga, dan apapun pohon bunga itu, berapa puluh ribu pohon Bunga dan pohon yang lainnya bisa tertanam” Harapnya.

Marfu’ah yang dalam hal ini mewakili Dinas Lingkungan Hidup (DLH), saya sebenarnya sangat merasa takjub sekali, atas apa yg di lakukan pemdes Tambakromo bersama LSM Gemuruh dan DIANKRESNA Foundation, dalam gerakannya penanaman kembali pohon Baugenvile, dan mereka tentunya patut mendapatkan apresiasi yang setinggi tingginya, karena masih ada sebuah lembaga yang konsen serta peduli dengan gerakan menanam ini, hingga sangatlah dapat membantu dari pada Program pemerintah daerah “Dinas Lingkungan Hidup” (DLH) untuk menghijaukan kembali wilayah kabupaten Bojonegoro.

“Dan ini tinggal pemahaman kita bersama saja soal melestarikan alam bumi pertiwi, jika kita hanya bisa memanfaatkan dengan tanpa adanya menjaga, lalu bagaimana dengan anak cucu kita nanti untuk dapatnya menikmati”, imbuhnya .

Harapan kami Semoga gerakan ini akan terus dapat di gelorakan oleh Lembaga apapun dan siapapun mereka, semangat giat menanam kembali semoga akan terus di kampanyekan di berbagai pihak, Agar supaya alam bumi pertiwi kita, lebih semakin Sejuk, Indah, dan Asri dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga yang kita tanam kembali.( Kin/red).