Pemdes Sambongrejo Gondang Ajak Pokja SDGs Berikan Pendataan Kependudukan Yang Kongkrit dan Detail

Bojonegoro- Pemdes Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro menggelar Sosialisasi dan pelatihan kepada Pokja SDGs, Pada Jum.at , 23 /04/2021.

Dalam pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan kader SDGs ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada kader supaya lebih memahami tatacara pendataan kependudukan yang lebih konkrit dan detail.

Kepala Desa Sambongrejo yang akrab dipanggil Kang Eko ini dalam sambutannya mengatakan bahwa pendataan terhadap Kependudukan memang sangat penting sekali , karena dengan data semua akan diketahui dengan jelas dan konkrit.

Bahkan jika perlu harus dilakukan pendataan setiap tahunnya , supaya apa yang terjadi pada masyarakat Desa Sambong bisa terakses dengan cepat” Tuturnya

Kang Eko menjelaskan, Pada Era seperti ini semua serba canggih dan di dukung serba digitalisasi maka seyogyanya masyarakat jangan sampai terlewatkan data sekecil apapun pesannya kepada semua kader Desa yang telah ditunjuk dan dipercaya , Apalagi Desa Sambongrejo saat ini sudah ditingkatkan menjadi Desa yang Mandiri. Ini artinya kita selangkah lebih maju ketibang desa – desa yang lain” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Jadi kami berharap jangan sembrono dan harus berhati – hati dalam melakukan pendataan. Dalam melakukan pendataan nanti kader akan di bantu oleh para RT dan Perangkat Desa.

Ia berpesan, Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya dalam melakukan pendataan jangan ada Nepotisme , karena ini akan menjadikan kegaduhan nantinya , lakukan sesuai keadaan yang ada dan jangan merekayasa apapun.

Sementara Camat Gondang Triguno dalam sambutannya mengatakan , Meski keadaan masih pandemi seperti ini semua masyarakat harus berhati – hati dan prihatin apalagi di bulan puasa. Semoga melalui pendataan yang jelas dan akuntabel kedepan tidak ada yang terlewatkan dan salah dalam penerapannya.

Memang pada masa – masa sulit seperti ini semua desa khususnya Perangkat Desa harus mau turun tangan langsung kepada masyarakat untuk melakukan pelayanan apapun” Harapnya.

Camat Triguno berpesan, Yang terpenting adalah memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada warga yang kiranya belum tahu akan bahaya Covid -19 yang saat ini masih melanda.

Baca juga  Sangat Ketat,Puluhan Peserta Ikuti Ujian Calon Perangkat Desa Batokan,Kasiman

Dalam pertemuan kali ini semua yang hadir juga di himbau oleh BHABIN KAMTIBMAS untuk selalu waspada dan berhati – hati . Lebih – lebih di bulan Ramadhan seperti jangan ada yang membunyikan petasan atau menyalakan mercon Bumbung. Ini sangat berbahaya terutama pada anak – anak.

Yudi Eko Nurcahyono pendamping Kecamatan Gondang menambahkan, sosialisasi dan pelatihan sangat gamblang dan jelas sehingga mudah di mengerti oleh setiap kader dan semua yang hadir dalam pertemuan tersebut. Apabila nanti dalam melaksanakan tugasnya ada yang belum di mengerti atau kurang jelas bisa ditanyakan langsung. Jangan sekali – kali melakukan pendatan yang sembarangan . Karena data ini sangat berguna untuk kepentingan Pemerintah pusat dalam melakukan berbagai hal” Pesannya.

Pertemuan kali ini di hadiri oleh Seluruh perangkat Desa Sambongrejo , PKK , RT/RW , Tokoh Masyarakat, Linmas , Kader SDGs , Babinsa dan Babin Kamtibmas serta FORPINCAM Kecamatan Gondang. Tidak kalah pentingnya Pemdes Desa Sambongrejo selalu mematuhi protokol kesehatan dalam menekan tersebarnya Virus Covid -19.(Ag/red).