Pembelajaran Hybird Jadi Solusi Saat Pandemi

Oleh : Mukhofifah

UIN WALISONGO SEMARANG

Dimasa pandemi yang masih terlihat samar ujungnya ini, pemerintah menerapkan prinsip memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dalam penyelenggaraan pendidikan. Tentunya mengingat pentingnya tumbuh kembang anak dan remaja usia pendidikan menjadi alasan munculnya kebijakan pembelajaran tatap muka agar meminilimasir learning loss pada generasi penerusbangsa.

Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas secara bertahap mulai dilakukan untuk kembali meningkatkan kualitas belajar agar anak dan remaja usia pendidikan tidak mengalami kemunduran dalam pembelajaran secara akademik.
Pembelajaran tatap muka terbatas memiliki banyak istilah pembelajaran alternatif salah satunya yaitu pembelajaran yang diselenggarakan secara hybird atau metode campuran antara tatap muka dan daring. Diharapkan metode campuran (hybird) tersebut menjadi solusi pada keadaan pandemi ini.

Dengan adanya keadaan tersebut, UIN WALISONGO menjawab pertanyaan tersebut. Program KKN ini dilaksanakan dengan cara metode campuran, ada yang dilakukan dengan tatap muka dan ada juga yang dilakukan dengan daring dengan sambungan telekomunikasi virtual jarak jauh.

Beberapa agenda yang tidak dapat dilaksanakan secara daring, dilaksanakan secara tatap muka. Beberapa pekerjaan administratif diselesaikan dengan metode pengerjaan digitas secara penuh. Tidak menutup kemungkinan dengan adanya perkembangan zaman yang serba digital ini, segala sesuatu tanpa kertas menjadi tren baru dimasa mendatang. Sosial media atau digitas menjadi jawaban dari kehidupan sehari- hari.

Baca juga  EVALUASI DIRI UNTUK MEMPEROLEH PREDIKAT MUTTAQIN

Proses berjalannya agenda KKN yang diselenggarakan sejak awal Oktober hingga pertengahan November ini tidak memiliki kendala yang berarti, program KKN ini diselenggarakan dirumah masing- masing peserta KKN dan beberapa lokasi lapangan jika memang perlu untuk dilaksanakan pertemuan secara tatap muka, tentunya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa proses KKN secara hybird juga menjadi solusi ditengah keadaan pandemi. Keadaan pandemi memaksa seluruh sektor pendidikan harusdapat dilaksanakan secara digital, dengan memperhatikan aspek efektifitas dan efisiensi.

Oleh sebab itu, UIN WALISONGO SEMARANG hadir menjawab tantangan tersebut. KKN secara hybird dinilai dapat menjadi solusi dari problematika saat ini yang tak kunjung berakhir. Metode ini sangatlah relefan diterapkan dikehidupan dinamika masyarakat.