Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak

Pendidikan karakter semestinya sejak dini telah di berikan kepada anak-anak, karena itu anak-anak harus ada bimbingan belajar serta pendampingan dari orang tua maupun guru, selain keluarga sekolah juga memiliki tanggung jawab untuk membangun karakter baik kepada anak melalui proses pembelajaran inovatif, diantaranya melalui musik dan lagu dengan lirik yang baik dapat menjadi media untuk membantu perkembangan karakter anak ” musik dan lagu dapat menjadi bagian penting memberi kontribusi guna membangun dan menyemai karakter anak”.

Di sadari dewasa ini minim munculnya lagu -lagu anak yang bernilai edukasi, sehingga menyebabkan anak-anak lebih sering mendengarkan lagu dengan lirik yang sejatinya bukan diperuntukkan seusia mereka, jauh sebelum itu nenek moyang kita dalam membangun karakter anak, sesuai porsinya lewat tembang gajah-gajah,sluku-sluku batok,E-dayoe teko,kodok ngorek,cublek-cublek suweng,menthok-menthok dll,cerita tentang alam lingkungan, merdeka bahagia.

Karekter anak zaman sekarang terdidik dan terobsesi dengan lagu – lagu ciptaan komponis modern dengan sedikit banyak berbau percintaan , yang semestinya belum boleh di konsumsi oleh anak – anak . Kejernihan otak anak – anak usia dini telah banyak diracuni oleh hal – hal yang bersifat komersial. Jadi kurikulum yang di terbitkan oleh dunia pendidikan sedikit banyak akan melemahkan kebudayaan yang mestinya harus ditumbuh kembangkan sejak usia Dini.

Baca juga  PERPAT Ajak Gunakan Hak Pilih Pada Pilkada Serentak Pada 09 Desember 2020

Para pengajar disekolah Usia Dinipun harus benar – benar di bekali dengan keterampilan yang memadai dan mengerti tumbuh kembang anak. Namun kita tidak boleh seratus persen menyerahkan kepada Sekolah untuk mendidik anak , peran orang tua justru akan bisa membuat karakter anak menjadi lebih baik dengan memberikan pendidikan yang lebih dominan.

Penulis Wartawan E Sorot . Com.